Saturday, February 21, 2015

Nge-Kost atau mulai nyicil KPR?

Akhir tahun 2014 kemarin di Tangerang City Mall ada banyak stand developer-developer yang sedang mempromosikan perumahan yang mereka pasarkan. Saya mendengar celetukan salah seorang pengunjung ke beberapa temannya yang kaget dengan harga jual rumah yang begitu mahal padahal lokasi rumah cukup jauh : "hah....nge-kost aja deh"

Saya sudah jadi anak Kost selama 6 tahun lebih...& sejak tahun 2009 gaji saya setiap bulan selalu selalu dipotong bank terkait kepemilikan rumah. Beda saat jadi anak kost & saat tinggal dirumah sendiri adalah :

  • Saat nge-kost (pas saya masih rajin Futsal), di kost-an paling saya hanya bisa berlatih menendang bola tenis ke dinding pada ruang yang terbatas, saat punya rumah sendiri saya bisa latihan men-dribble bola yang sebenarnya didalam rumah :D

  • Saat nge-kost saya kesulitan ganti alamat KTP, saat punya rumah sendiri saya bisa lebih mudah ganti alamat KTP

  • Saat nge-kost ...pas pulang kemaleman kadang pager rumah udah dikunci sama yang punya kost-an...saat punya rumah sendiri kunci rumahnya saya sendiri yang pegang.

  • Saat punya rumah sendiri, terasa menjadi salah satu simbol kesuksesan...udah punya rumah (meski dengan nyicil KPR) :D







  • Saat nge-kost, sepulang kerja saya bisa istirahat semaleman di kost-an....saat punya rumah sendiri kadang ada yang ketok pintu & mengajak ke pertemuan warga (rapat tingkat RT)

  • Saat nge-kost saya cukup bayar iuran bulanan ke Ibu Kost, saat punya rumah sendiri saya harus bayar cicilan KPR per bulan, iuran keamanan, iuran sampah, bayar PDAM sendiri, Bayar Listrik sendiri dan Ada kewajiban bayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) 1 tahun sekali

  • Saat nge-kost saya bisa lebih cepat tiba dikantor (5 menit-an), saat punya rumah menjadi 20-30 menit-an


Kondisi tiap kost-an mungkin berbeda dengan yang saya tuliskan diatas (contohnya ada kost-an yang selain wajib bayar iuran bulanan juga wajib mengisi listrik pra bayarnya sendiri) jadi yang saya tuliskan diatas adalah perbandingan berdasarkan pengalaman yang saya rasakan sendiri.

Jadi kesimpulannya lebih baik tetap jadi anak kost atau mulai nyicil KPR ? ... Kalau menurut pendapat saya pribadi, jawabannya berbeda untuk tiap-tiap orang :

Jika penghasilan misal hanya 2jt, tidak ada tabungan untuk DP & harga rumah paling murah diwilayahnya misal 200jt....ya lebih baik nge-kost...nge-kost didekat kantor bisa menekan pengeluaran, lalu dari sisa-sisa pengeluaran bulanan sebaiknya mulai nyari usaha sampingan, beli buku-buku yang bermanfaat tiap bulan, mengembangkan Skill dengan ikut kursus dsb... lalu setelah beberapa waktu kemudian ada kemungkinan sukses & mampu beli rumah secara CASH...ga usah nyicil-nyicil KPR segala :D

Jika ada tabungan buat DP, gaji perbulan dikurangi angsuran KPR masih ada sisa & tidak memiliki ide untuk bisnis dibidang lain...silahkan segera nyicil KPR. Karena harga properti itu cenderung naik (kecuali rumah di wilayah banjir).

Jika ada tabungan buat DP, sanggup mengangsur KPR namun memiliki ide Bisnis yang kemungkinan keuntungannya lebih tinggi daripada investasi dalam bentuk properti...untuk yang satu ini keputusannya harus diambil oleh yang bersangkutan :D ... Keuntungan di terima sendiri & kerugian juga ditanggung sendiri.

2 comments:

  1. Syarat-syarat KPR kira-kira seperti ini : Bayar Booking Fee & DP Ke Developer, lalu ngisi permohonan KPR ke Bank...lampiran yang diminta biasanya copy KTP, copy KK, Rekening Koran tabungan 3 bulan terakhir, surat keterangan penghasilan , surat keterangan bekerja dsb.

    ReplyDelete